[vc_row content_placement=”middle”][vc_column width=”1/4″][/vc_column][vc_column width=”1/2″][vc_gallery interval=”3″ images=”8627,8657,8529,8188″ img_size=”600×300″ css_animation=”none”][/vc_column][vc_column width=”1/4″][/vc_column][/vc_row][vc_row upside_have_wrapper=”yes”][vc_column css_animation=”bounceInLeft” width=”2/6″][vc_single_image image=”15890″ img_size=”medium” alignment=”center” style=”vc_box_shadow”][vc_custom_heading text=”Dr. Melyann Melani, SS., M.Pd” font_container=”tag:h2|font_size:24|text_align:center” use_theme_fonts=”yes”][vc_message message_box_color=”violet”]DOSEN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS[/vc_message][/vc_column][vc_column width=”4/6″][vc_tta_accordion style=”flat” color=”blue” gap=”2″ active_section=”1″ css_animation=”slideInRight” css=”.vc_custom_1719818485084{background-color: #a2b1bf !important;}”][vc_tta_section add_icon=”true” title=”PROFIL” tab_id=”1635602160865-6d331875-5af4″][vc_column_text]
Nama | Dr. Melyann Melani, SS., M.Pd |
NIP | 198101312003122003 |
NIDN | 2031018101 |
Scopus-ID / SINTA-ID | 6687650 |
Pangkat/Golongan | Lektor Kepala – IV/a |
Tempat/ Tgl Lahir | Bukittinggi, 31 Januari 1981 |
Alamat | Jl. Syech Jamil Jambek No.11, RT 001, RW 004, Kel. Pakan Kurai, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi |
Bidang Keahlian | Pendidikan Bahasa Inggris |
HP/WA | 085263888681 |
melyannmelani@gmail.com | |
website | https://uinbukittinggi.ac.id |
[/vc_column_text][/vc_tta_section][/vc_tta_accordion][vc_tta_tour][vc_tta_section title=”BIOGRAFI” tab_id=”1719817836700-e46bd918-261a”][vc_column_text]
Dr. Melyann Melani, S.S., M.Pd., lahir di Bukittinggi pada tanggal 31 Januari 1981. Sejak bangku sekolah dasar hingga perguruan tinggi menempuh pendidikan di Bukittinggi dan Padang, hingga mengabdi di UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi yang sebelumnya bernama STAIN Sjech Djamil Djambek Bukittinggi pada tahun 1994 dan alih status menjadi IAIN Bukittinggi tahun 2014. Tidak menunggu waktu lama, pada tahun 2008, Dr. Melyann Melani menamatkan pendidikan magisternya di Universitas Negeri Padang pada jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Beberapa waktu kemudian, pada tahun 2017, menamatkan program Doktor di bidang Ilmu Pendidikan pada di Universitas yang sama, yaitu Universitas Negeri Padang. Tidak hanya bertugas sebagai dosen Pendidikan Bahasa Inggris, sejak IAIN Bukittinggi masih bernama STAIN Sjech Djamil Djambek Bukittinggi, Dr. Melyann Melani telah dipercaya memegang tampuk kepemimpinan, seperti Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris pada tahun 2012. Tidak lama berselang, pada tahun 2014 dipercaya sebagai Kapus Penjamin Mutu, Ketua Program Studi S2 PAI pada tahun 2023, Ketua Program Studi S2 TBI pada tahun 2023, dan sebagai Ketua LPM pada tahun 2022, saat IAIN Bukittinggi beralih status menjadi UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi. Jabatan ini masih terus dipercayakan hingga saat ini. Dalam perjalanan karir kepemimpinannya, Dr. Melyann Melani juga melakukan pengembangan karir akademiknya, dengan banyak melakukan penelitian dan penulisan yang terkait dengan bidang keilmuan, yaitu Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris.
[/vc_column_text][/vc_tta_section][/vc_tta_tour][vc_tta_accordion][vc_tta_section title=”RIWAYAT PENDIDIKAN” tab_id=”1719818274341-816ac07a-c6b4″][vc_column_text]
No | Jenis Pendidikan | Nama Lembaga Pendidikan | Ket | |
1 | SD/MI | : | SDN 09 Belakang Balok | 1995 |
2 | SMP/MTs | : | SMP Negeri 1 Bukittinggi | 1995 |
3 | SMA/SMK/MA | : | SMA Negeri 1 Bukittinggi | 1998 |
4 | S1 | : | Program Studi Sastra Inggris di Universitas Negeri Padang | 2002 |
5 | S2 | : | Program Studi Konsentrasi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Padang | 2007 |
6 | S3 | : | Fakultas Pascasarjana Universitas Negeri Padang | 2017 |
[/vc_column_text][/vc_tta_section][/vc_tta_accordion][vc_tta_accordion][vc_tta_section title=”PUBLIKASI ILMIAH” tab_id=”1719818388952-b517b757-7fcf”][vc_column_text]
Tahun | Judul | Penerbit/Jurnal | Ket |
2024 | Grammatical Gaps in Student Translations: Analyzing English-Indonesian Translation in Academic Projects | Reila Journal | SINTA2 |
2023 | Radec Learning and Literacy: Enhancing Students’ Literacy through the Development of Radec Learning Model at Madrasah | Jurnal Iqra’ Kajian Ilmu Pendidikan | SINTA2 |
2022 |
Hubungan Pemanfaatan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Kimia di SMA Negeri 1 Minas | Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia 2 (Spesial Issues 1), 176-182, 2022 | Jurnal Nasional
|
2022 |
Implementasi Model Blended Learning pada Mata Pelajaran PAI di SMPN 1 Banuhampu pada Masa Covid-19 |
Jurnal Pendidikan Tambusai 6 (2), 16273-16280, 2022 |
Jurnal nasional terakreditasi |
2022 |
Perancangan E-Modul Pembelajaran Online Pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK Di SMPN 5 Padang Panjang Menggunakan Multi Brains Apps | Teknomatika 12 (01), 37-48, 2022 | Jurnal nasional terakreditasi |
2022 |
Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Video Animasi dengan Menggunakan Powerpoint pada Mata Pelajaran Fikih di MIS Baitul Hasanah Muara Bungo | Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 4 (5), 561-572, 2022 | Jurnal Nasional Terakreditasi
Sinta5
|
2022 |
Students’perception In Using Debate Technique To Develop Students’speaking Skills | ELP (Journal of English Language Pedagogy) 7 (2), 16-29, 2022 | Jurnal Nasional Terakreditasi
Sinta5
|
2022 |
The Effect Of Project Based Learning On English Achievement Of Explanation Text | Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development 5 (1 …, 2022 | Jurnal Nasional Terakreditasi
Sinta4
|
2022 |
The Effect Of Using Picture To Predict Information Towards Students Reading Competence In Reading Descriptive Text | Journal of English Language and Education 7 (1), 53-62, 2022 | Jurnal nasional terakreditasi |
2022 |
Students’ Learning Motivation To The Implementation Of Online Learning During Covid 19 Pandemic In IAIN Bukittinggi | Journal of Positive School Psychology 2022, Vol. 6, No. 8, 3951-3963 | Jurnal internasional Terindeks Scopus |
2022 |
Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Dengan Penerapan Model Pembelajaran PBL di SMA Muhammadiyah Padang Panjang | Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam 14 (1), 70-89, 2022 | Jurnal Nasional Terakreditasi
Sinta4
|
2021 |
Students’ Motivation in Online Learning | Indonesian Journal of Learning Studies 1 (3), 177-182, 2021 | Jurnal Nasional |
2021 |
Covid-19 dan MUI Sumatera Barat: Resistensi masyarakat terhadap Ulama sebagai Pendidik | Analisis: Jurnal Studi Keislaman 21 (1), 109-140, 2021 | Jurnal Nasional Terakreditasi
|
2021 |
English for Islamic Studies Teaching Model: Its Effect on Students English Achievement | BICED 2020: Proceedings of the 2nd EAI Bukittinggi International Conference, 2021 | Proceeding
International |
2021 | Family and School Condition Toward Student English Achievement | Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris undiksha 9 (2), 199-204, 2021 | Jurnal Nasional Terakreditasi
Sinta4 |
2021 | Higher Order Thinking Skills in Teacher Developed Test at 10th Grade Students of Senior Higher School 1 Canduang | Indonesian Journal of Learning Studies 1 (1), 65-71, 2021 | Jurnal Nasional |
2021 | Kontribusi Penggunaan Aplikasi Answer Garden Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Simdig Kelas X di SMK Negeri 1 Siabu Mandailing Natal | COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 1 (7), 365-372, 2021
|
Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
2021 | Perancangan Media Pembelajaran Sejarah Menggunakan Mit App Inventor Berbasis Android di SMK N 2 Panyabungan | COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 1 (7), 313-327, 2021
|
Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
2021 | The Effect Of Using Extensive Reading Approach Towards Students Reading Ability | Journal of English Language and Education 6 (1), 100-110, 2021 | Jurnal nasional terakreditasi |
2021 | The Effect Of Using Hypnoteaching Method Towards Students Motivation In Learning English | Journal of English Language and Education 6 (1), 39-43, 2021 | Jurnal nasional terakreditasi |
2021 | The Effect of Using Infographic on Students Writing Summary Skill | Journal of English Language and Education 6 (1), 111-121, 2021 | Jurnal nasional terakreditasi |
2021 | The Effectiveness of Online Learning during Covid-19: Challenges and Opportunities | TESOL International Journal | Jurnal International |
2020 | The effect of Google Classroom assisted extensive listening on listening comprehension accross learning autonomy | Lingua Cultura 14 (1), 129-142, 2020 | Jurnal International Terakreditasi Sinta2 |
2019 | Analyzing Mistakes in Students Translation of English Collocation Into Indonesian For the Fourth Semester Students of IAIN Bukittinggi Academic Year 2018/2019 | Biced| Bukittinggi International Conference on Education 1 (1), 2019 | Proceeding
International |
2019 | The Role of Publication in Promoting University Reputation: A Case Study IAIN Bukittinggi | BICED 2019: Proceedings of the 1st EAI Bukittinggi International Conference, 2019 | Proceeding
International |
2017 | The Effect Of Using Scrol Strategy Toward Students’reading Comprehension On Hortatory Exposition Text At The Eleventh Grade Of Sman 1 Canduang | English Language Teaching and Research 1 (1), 2017 | Jurnal nasional |
2017 | An Integrated Model of Intensive and Extensive Reading in Teaching Reading for EFL University Students: Current Practice and Future Possibilities | Elixir Language and Testing 107 (107), 46986-46994, 2017 | Peer-reviewed Independent multi-disciplinary International Journal |
2015 | on line reading resources in reading class | Proceedings of ISELT FBS Universitas Negeri Padang 3, 324-328, 2015 | Prosiding seminar internasional |
2014 | Defining Reading Skills And Strategies In Formulating A Model For Teaching Reading In Indonesion Context | Proceedings of ISELT FBS Universitas Negeri Padang 2, 319-323, 2014 | Prosiding seminar internasional |
[/vc_column_text][/vc_tta_section][/vc_tta_accordion][vc_tta_accordion][vc_tta_section title=”BUKU” tab_id=”1719818528068-57bcd06a-2faf”][vc_column_text]
NO | JUDUL BUKU | TAHUN TERBIT | PENERBIT | ISBN | KET |
1 | Extensive Reading | 2020 | UNP Press | 978-602-1178-55-3 | |
2 | Teaching Reading (What You Need to Know) | 2020 | Widina Bhakti Persada Bandung | 978-623-6608-82-1 |
[/vc_column_text][/vc_tta_section][/vc_tta_accordion][vc_tta_accordion][vc_tta_section title=”RIWAYAT JABATAN” tab_id=”1719818601188-4240a4e3-6b63″][vc_column_text]
NO | JABATAN / PEKERJAAN | TAHUN |
1 | Ketua Prodi PBI | |
2 | Kapus Penjamin Mutu | |
3 | Ketua Prodi S2 PAI | |
4 | Ketua Prodi S2 TBI | |
5 | Ketua LPM | 2022-sekarang |
[/vc_column_text][/vc_tta_section][/vc_tta_accordion][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][/vc_column][/vc_row]
#Tanya UIN Bukittinggi...??