UPT Pusat Pengembangan Karier UIN Bukittinggi Gelar Virtual Workshop Persiapan Memasuki Dunia Kerja

Bukittinggi (Humas) – Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pusat Pengembangan Karier UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi menggelar Virtual Workshop yang bertema “”Personal Branding di Dunia Kerja: Menyusun CV, Lamaran, dan sukses  Wawancara” yang dilaksanakan melalui media zoom meeting pada pukul 8.30 wib, Kamis (20/3/2025).

Acara virtual workshop ini diikuti oleh Wakil Rektor III, Dr. Edi Rosman, Kepala pusat pengembangan karier, Dr. Sandra Dewi, para Dosen dari setiap Fakultas dan Mahasiswa dari setiap Fakultas yang akan diwisuda tahun 2025 dengan Narasumber, Prita Marisca SE MM, yang merupakan Head Section Riset Management Chanell N CSR BNI Wilayah 02 Area Sumbar Riau Kepri . Workshop ini digelar untuk memberi bekal dan persiapan bagi mahasiswa yang akan lulus dalam memasuki dunia kerja.

Workshop ini diawali dengan kata sambutan dari Kepala pusat pengembangan karier, Dr. Sandra Dewi yang menegaskan pentingnya workshop persiapan memasuki dunia kerja ini kita berikan untuk bekal Mahasiswa yang akan diwisuda nantinya. “Workshop ini akan terus kita agendakan dalam upaya, mempersiapkan para lulusan kita untuk memperoleh dan memilih pekerjaan yang sesuai dengan bidang ilmu dan keterampilan mereka. UPT pengembangan karier berkomitmen untuk menciptakan lulusan UIN Bukittinggi yang mampu dan siap untuk memasuki dunia kerja, ” ucap Sandra Dewi.

Wakil Rektor III, Dr. Edi Rosman dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa workshop ini adalah agenda tahunan yang selalu kita laksanakan. “ Dengan digelarnya workshop persiapan memasuki dunia kerja ini, Kami berharap adik – adik Mahasiswa bisa mengambil ilmu dari materi yang disampaikan narasumber nanti. Materi yang disampaikan akan menjadi modal untuk memasuki dunia kerja setelah adik – adik wisuda nantinya. Teruslah asah skill dan kemampuan demi menghadapi tantangan dunia global dan kompetisi yang berat dalam dunia kerja nantinya. Kami yakin semuanya bisa menjadi orang sukses setelah lulus dari UIN Bukittinggi ini, “ ujar Dr. Edi Rosman.

Dok. Kata Sambutan dari Wakil Rektor III, Dr. Edi Rosman pada Virtual Workshop Dunia Kerja

Workshop yang membahas tentang “Personal Branding di Dunia kerja” memaparkan bagaimana proses membangun dan mengelola citra atau reputasi diri, baik dalam kehidupan pribadi maupun profesional, untuk menciptakan persepsi positif di dunia kerja. Ada beberapa langkah yang bisa membangun personal branding di dunia kerja yaitu, Profesional Image, Benefit, Effective Communication dan Etiquette.

Profesional Image seorang harus ditunjukkan tidak hanya dalam lingkup menyelesaikan pekerjaan, namun juga dalam berpenampilan dan berperilaku. Professional Image tidak lepas dari Personal Branding kita saat berinteraksi.

Benefit yang didefinisikan dengan keuntungan bisa didapat dengan menambah nilai diri yaitu dengan meningkatkan keyakinan diri dan meningkatkan kredibilitas diri sehingga bisa dikenal banyak orang dan memberikan keuntungan untuk orang lain.

Effective Communication (Komunikasi efektif) adalah pertukaran informasi, ide, perasaan yang menghasilkan perubahan sikap sehingga terjalin sebuah  hubungan baik antara pemberi pesan dan penerima pesan

Etika (Etiquette) adalah suatu sikap dan perilaku yang menunjukkan kesediaan dan kesanggupan seseorang secara sadar untuk mentaati ketentuan dan norma kehidupan yang berlaku dalam suatu kelompok masyarakat atau organisasi. Etika atau etik sebagai pandangan manusia dalam berprilaku menurut ukuran dan nilai yang baik.

Narasumber, Prita Marisca dalam memaparkan materinya tersebut menekankan dengan membangun empat aspek di atas akan terciptanya personal branding yang baik. “ Personal branding yang baik akan memudahkan adik – adik Mahasiswa dalam mendapatkan pekerjaan disaat memasuki dunia kerja nantinya. Mahasiswa yang lulus nanti akan mudah dalam menyusun CV dan sukses dalam interview pada saat melamar kerja, “ tegas Prita Marisca.

Dok. Penyampaian Materi Workshop Persiapan Memasuki Dunia Kerja oleh Narasumber, Prita Marisca

Dengan digelarnya workshop dunia kerja ini, diharapkan para Mahasiswa yang telah lulus kedepannya bisa menerapkan ilmu dan skill yang telah dipelajari saat ini. Sehingga lulusan UIN Bukittinggi bisa bersaing dan diprioritaskan dalam dunia kerja serta membawa nama baik UIN Bukittinggi di tengah masyarakat. (*Humas UIN Bukittinggi/YH)

Aksesibilitas