UIN Bukittinggi Gelar Assessment Tenaga Kependidikan Tahun 2022

Photo: Humas UIN Bukittinggi

Bukittinggi. Jumat, 16 Desember 2022. Bagian Kepegawaian Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi menggelar assessment bagi Tenaga Kependidikan (Tendik) tahun 2022. Assessment ini diselenggarakan berdasarkan KMA Nomor 207 tahun 2013 tentang pedoman pelaksanaan Asesmen Kompetensi bagi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementerian Agama.

Assessment ini digelar sebagai metode identifikasi baik dari aspek kompetensi maupun potensi psikologis pegawai secara lebih komprehensif. Assessment dibutuhkan dalam aktivitas rekrutmen, penempatan, promosi, konseling karir, atau pelatihan.

Kegiatan Assessment dilaksanakan di Aula Rektorat lantai 3 dan dibuka secara resmi oleh Rektor Prof. Dr. Ridha Ahida, M. Hum. Turut hadir dalam ceremonial pembukaan Wakil Rektor II Dr. Novi Hendri, M.Ag serta Kepala Biro AUAK Drs. H. Syahrul Wirda, MM.

Assessment dilaksanakan dengan menggandeng LPPT (Laboratorium Pelayanan Psikologi Terpadu) Universitas Andalas dan Assessor dari Kementerian Agama RI sebanyak 3 orang Assessor. Materi tes meliputi Psikotest, Tes Problem Analisis, LGD (Leaderless Group Discussion), Wawancara Psikologi dan Wawancara Teknis.

Assessment bagi Tenaga Kependidikan ini diikuti sebanyak 61 orang Tenaga Kependidikan UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, dan dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 16 s.d 17 Desember 2022.

Dok: Rektor Prof. Dr. Ridha Ahida, M.Hum membuka kegiatan Assessment

Prof. Dr. Ridha Ahida, M. Hum dalam sambutan pembukaannya menyampaikan kepada seluruh Tenaga Kependidikan yang hadir agar bersungguh-sungguh mengikuti segala rangkaian Assessment.

“Kegiatan Assessment ini menjadi indikator untuk mengetahui sejauh mana keterampilan kita mulai dari kemampuan teknis, dan yang tidak kalah pentingnya adalah kontribusi kita dalam sosial kultural. Diharapkan agar mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh sehingga kedepannya penempatan masing-masing pegawai memang sesuai dengan kompetensi dan skill yang dimiliki,” ujar Rektor.

Perwakilan Kementerian Agama RI Bayu Haryanto menyampaikan dalam sambutannya mengenai teknis-teknis pelaksanaan Assessment. “Tujuan diadakannya assesment ini agar data kompetensi pegawai masuk kedalam aplikasi pemetaan pegawai Kementerian Agama,” terangnya.

“Selain itu profil kompetensi PNS dapat menjadi acuan dalam perencanaan pengembangan karir PNS Kementerian Agama dalam promosi, mutasi dan rotasi. Assessment ini juga merupakan implementasi sistem merit dalam manajemen karir ASN. Dimana proses seleksi, promosi, mutasi dilakukan secara adil dan objektif berdasarkan kualifikasi kompetensi, kinerja, dan seleksi kompetitif, yang dinilai oleh para ahli.” Imbuhnya.

Kegiatan Assessment ini diawali dengan Tes Psikologi oleh LPPT Universitas Andalas. Dilanjutkan siang harinya dengan wawancara dengan Assessor Kemenag RI. Leadership Group Discussion (LGD), Wawancara Psikolog dan Wawancara dengan Assessor dilanjutkan esok hari pada Sabtu (17/12/2022). (*Humas UIN Bukittinggi)

Aksesibilitas