Prof. Dr. Zulfani Sesmiarni, M.Pd

[vc_row content_placement=”middle”][vc_column width=”1/4″][/vc_column][vc_column width=”1/2″][vc_gallery interval=”3″ images=”9486,9485,9482,9483,9481,9484″ img_size=”600×300″ css_animation=”none”][/vc_column][vc_column width=”1/4″][/vc_column][/vc_row][vc_row upside_have_wrapper=”yes”][vc_column css_animation=”bounceInLeft” width=”2/6″][vc_single_image image=”15568″ img_size=”medium” alignment=”center” style=”vc_box_shadow”][vc_custom_heading text=”Prof. Dr. Zulfani Sesmiarni, M.Pd” font_container=”tag:h2|font_size:24|text_align:center” use_theme_fonts=”yes”][vc_message message_box_color=”violet”]DOSEN TEKNOLOGI PENDIDIKAN[/vc_message][/vc_column][vc_column width=”4/6″][vc_tta_accordion style=”flat” color=”blue” gap=”2″ active_section=”1″ css_animation=”slideInRight” css=”.vc_custom_1719818485084{background-color: #a2b1bf !important;}”][vc_tta_section add_icon=”true” title=”PROFIL” tab_id=”1635602160865-6d331875-5af4″][vc_column_text]

Nama Prof. Dr. Zulfani Sesmiarni, M.Pd
NIP 198109232005012005
NIDN 2023098102
Scopus-ID / SINTA-ID 57216155493 / 5984234/1337-2024
Pangkat/Golongan Guru Besar / IV b
Tempat/ Tgl Lahir Koto Panjang/ 23 September 1981
Alamat Komplek UIN, Jln. Garuda 2, Jorong Pilubang, Kenagarian Biaro gadang, Kec. Ampek Angkek, Kab. Agam.
Bidang Keahlian Teknologi Pendidikan
HP/WA 081374192381
Email [email protected]
website https://uinbukittinggi.ac.id

[/vc_column_text][/vc_tta_section][/vc_tta_accordion][vc_tta_tour][vc_tta_section title=”BIOGRAFI” tab_id=”1719817836700-e46bd918-261a”][vc_column_text]

Prof. Dr. Zulfani Sesmiarni, M.Pd, Lahir di Koto Panjang pada tanggal 23 September 1981 dari orang tua yang bernama H. Hakimi dan Hj. Darmis. Pendidikan dimulai di SD 09 Koto Panjang  kemudian melanjutkan ke SLTP 02 Tanjung Ampalu serta Sekolah Menengah Atas di SMU 1 Sijunjung. Lulus Seleksi Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) atau Jalur Prestasi melalui seleksi prestasi bidang akademik (rapor dan nilai ijasah), pada Program Studi Teknologi Pendidikan (TP) Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan (KTP) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Padang (UNP).  Melanjutkan ke jenjang Magister (S2) pada Program Studi yang Teknologi Pendidikan (TP) di Pascasarjana Universitas Negeri Padang, gelar Doktor diperoleh melalui Beasiswa Diktis  Pada Program Studi S3 Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.

Memulai karier sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Tahun 2004 melalui seleksi tes CPNS untuk formasi Dosen di STAIN Bukittinggi, TMT 1 Januari 2005 resmi menyandang PNS pada Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Sjech M. Djamil Djambek yang sekarang sudah beralih status menjadi Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi. Menikah pada tahun 2008 dengan Bertoni dan dikaruniai oleh 2 orang puteri yang bernama Chalisha Befa Rayyani dan Assyifa Befa Rayyani.

Beberapa Buku yang sudah pernah diterbitkan adalah Model Evaluasi Program Pembelajaran, Model Pembelajaran Ramah Otak dalam Kurikulum Implementasi Kurikulum 2013, Terampil dalam Teori dan Model Pembelajaran, Aspek Pendidikan dalam Alquran, Filsafat Pendidikan, dan Peran Pendidikan Islam dalam Menyosong Generasi Emas serta Perencanaan Pembelajaran: Kurikulum Merdeka.

Sementara artikel ilmiah yang sudah terbit di beberapa jurnal diantaranya adalah Analysis the Ability of Islamic Education Teacher in Comprehending the Procedure to Make Learning Evaluation, Students’ Learning Motivation To The Implementation Of Online Learning During Covid 19 Pandemic In IAIN Bukittinggi, The Effectiveness of Online Learning During Covid-19: Challenges and Opportunities, The Correlation of Students’ Perception About Online Learning and Students’ Grade Point at IAIN Bukittinggi, The Assessment of Online Learning in IAIN, Bukittinggi, During the COVID-19 Pandemic. Android-Based Augmented Reality: An Alternative in Mastering Tajweed for Students Learning.

[/vc_column_text][/vc_tta_section][/vc_tta_tour][vc_tta_accordion][vc_tta_section title=”RIWAYAT PENDIDIKAN” tab_id=”1719818274341-816ac07a-c6b4″][vc_column_text]

No Nama Lembaga Tempat/Jurusa/Prodi Tahun
1. SDN 09 Koto Panjang Koto Panjang Kec. Koto VII Kab. Sijunjung 1988-1994
2. SMPN 1 Koto VII  Tanjung Ampalu Kec. Koto VII Kab. Sijunjung 1994-1997
3. SMAN 1 Sijunjung Muaro Sijunjung/IPA 1997-2000
4. S1 Teknologi Pendidikan UNP

(Beasiswa Supersemar)

Universitas Negeri Padang/Teknologi Pendidikan 2000-2004
5. S2 Teknologi Pendidikan UNP

(Bantuan Beasiswa STAIN Bukittinggi)

Universitas Negeri Padang/Teknologi Pendidikan 2004-2007
6. S3 Teknologi Pendidikan UNJ

(Beasiswa Diktis)

Universitas Negeri Jakarta/Teknologi Pendidikan 2010-2013

[/vc_column_text][/vc_tta_section][/vc_tta_accordion][vc_tta_accordion][vc_tta_section title=”PUBLIKASI ILMIAH” tab_id=”1719818388952-b517b757-7fcf”][vc_column_text]

No Judul Tahun Publikasi/Indeksasi/Reputasi
1 Brain based Teaching Models As Transformation of Learning Paradigm in Higher Education 2016 Sinta 2
2 Perempuan Menggugat: Kursus Pra Nikah Sebuah Upaya Preventif Di Bp4 Kota Pariaman 2017 Sinta 2
3 Membendung Radikalisme Dalam Dunia Pendidikan Melalui Pendekatan Brain Based Learning 2017 Sinta 2
4 Pendekatan Saintifik pada mata pelajaran PAI 2017 Sinta 3
5 The Islamic Education Strategies Inlocal Culture Perspective Of West Sumatera Society 2018 Sinta 3
6 Islamic State Institute Of Bukittinggi Students’ Satisfaction  On Academic Atmosphere And Service 2018 Sinta 2
7 The Effective Moral Education on Early Childhood As an Effort Against Immoral Culture 2019 Sinta 2
8 Brain Based Teaching In The View Of Tarbiyah IAIN Bukittinggi Student 2019 Scopus
9 Analysis Of Students’ Psychological Factors During Thesis Consultation In IAIN Bukittinggi 2020 Scopus
10 The Analysis of Learning Skill in Relation to Students
Grade Point Average
2020 Scopus
11 Information Technology Services in Preparing for Industrial Era 4.0 2021 Scopus
12 The Assessment of Online Learning in IAIN, Bukittinggi, During the COVID-19 Pandemic 2021 Scopus
13 The Correlation of Students’ Perception About Online Learning and Students’ Grade Point at IAIN Bukittinggi 2021 Scopus
14 The Evaluation of Online Learning in Micro Teaching Course in Tarbiyah and Teacher Training Faculty IAIN Bukittinggi 2022 Scopus
15 The Effectiveness of Online Learning During Covid-19: Challenges and Opportunities 2022 Scopus
16 Students’ Learning Motivation To The Implementation Of Online Learning During Covid 19 Pandemic In IAIN Bukittinggi 2022 Scopus
17 Analysis the Ability of Islamic Education Teacher in Comprehending the Procedure to Make Learning Evaluation 2023 Sinta 2
18 Sekolah Ramah Anak, Tantangan dan Peluangnya dalam Pembentukan Karakter Siswa di Era Globalisasi 2023 Sinta 2
19 Android-Based Augmented Reality: An Alternative in Mastering Tajweed for Students Learning 2023 Scopus

[/vc_column_text][/vc_tta_section][/vc_tta_accordion][vc_tta_accordion][vc_tta_section title=”BUKU” tab_id=”1719818528068-57bcd06a-2faf”][vc_column_text]

1. Model Evaluasi Program Pembelajaran 2013 Aura Advertising
2. Model Pembelajaran Ramah Otak dalam implementasi kurikulum 2013 2014 Aura Advertising
3. Terampil dalam Teori dan Model Pembelajaran 2018 Arti Bumi Intaran
3. Aspek Pendidikan dalam alquran 2022 Widina
4. Filsafat Pendidikan 2022 Pranada
5. Peran Pendidikan Islam dalam Menyongsong generasi Emas 2022 Raja Frafindo
6. Perencanaan Pembelajaran: Kurikulum Merdeka 2023 Bintang Yogakarta

[/vc_column_text][/vc_tta_section][/vc_tta_accordion][vc_tta_accordion][vc_tta_section title=”RIWAYAT JABATAN” tab_id=”1719818601188-4240a4e3-6b63″][vc_column_text]

No. Nama Jabatan Tahun Institusi
1. Anggota Pembentukan Unit Penjaminan Mutu 2008-2010 STAIN SMDD Bukittinggi
2. Sekretaris LPM

 

2015-2019 UIN SMDD Bukittinggi

 

3. Ketua LPM

 

2016-2020 UIN SMDD Bukittinggi

 

4. Dekan FTIK

 

2019-2022 UIN SMDD Bukittinggi

 

5. Warek 2

 

2022-2024 UIN SMDD Bukittinggi

 

6. Sekretaris Forum Dekan FTIK (Fordetak) 2021-2023 PTKIN Indonesia
7. Sekretaris III Forum Warek II/Waket II PTKIN 2024-2026 PTKIN Indonesia

[/vc_column_text][/vc_tta_section][/vc_tta_accordion][/vc_column][/vc_row]

Aksesibilitas