OKPP IAIN Bukittinggi Gelar Bimtek Sieka untuk Dosen dan Tendik Baru

Photo : Humas IAIN Bukittinggi

Bukittinggi, 21 April 2022. Organisasi Kepegawaian dan Penyusunan Peraturan (OKPP) IAIN Bukittinggi menggelar acara Bimbingan Teknis (Bimtek) mengenai pengisian Sistem Informasi Elektronik Kinerja ASN (SIEKA) pada Rabu (20/4/2022) bertempat di Aula Rektorat Lantai 3 IAIN Bukittinggi.

Acara yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB ini diikuti oleh 15 orang CPNS baru Angkatan 2021 yang terdiri dari Dosen dan Tenaga Kependidikan (Tendik). SIEKA sendiri merupakan Aplikasi berbasis online untuk ASN yang berada di lingkup Kementerian Agama RI. Aplikasi tersebut bertujuan untuk mempermudah ASN dalam membuat laporan kinerja. Karena salah satu kewajiban dari ASN adalah menuangkan tugasnya dalam sebuah laporan kinerja yang disesuaikan dengan Sasaran Kinerja Pegawai. Laporan ini terdiri dari laporan harian, bulanan atau tahunan. Tidak hanya itu, pelaporan SIEKA juga merupakan syarat untuk pencairan Tukin Pegawai dengan tenggat waktu yang telah ditentukan deadline nya setiap bulan.

Dok : Humas

Hadir dalam acara pembukaan Bimtek, Kepala Biro AUAK IAIN Bukittinggi Syahrul Wirda. Dalam sambutannya beliau menyampaikan pentingnya sosialisasi ini dilaksanakan dan diikuti dengan baik, mengingat Aplikasi ini merupakan aplikasi wajib bagi seluruh ASN Kementerian Agama. Turut hadir sebagai pemateri, Idrial sebagai Keynote Speaker yang menjelaskan Tusi Bagian Umum. Serta Tim OKPP Silfasia, Abdul Aziz dan Anake Prima yang berfokus menyampaikan perihal Regulasi dan tertib Administrasi serta tatacara penggunaan aplikasi SIEKA itu sendiri.

Tidak hanya Bimbingan Teknis mengenai pengisian SIEKA, Tim OKPP juga mensosialisasikan aplikasi mandiri milik internal IAIN Bukittinggi, yaitu e-Santer. Aplikasi berbasis online ini merupakan aplikasi besutan milik IAIN Bukittinggi yang berfungsi sebagai penunjang. E-santer terdiri dari e-personal, absen online, e-kinerja, Sincan (Sistem Informasi Perencanaan), Siku (Sistem Informasi Keuangan), Arsip, Bisnis, dll yang terintegrasi secara lengkap hanya dalam satu aplikasi berbasis online. Tentunya dengan banyak hal yang dapat diakses, semakin mempermudah ASN untuk melaporkan hasil kinerja rutin yang wajib dilaporkan. Dan dengan adanya aplikasi penunjang e-santer, semakin mempermudah pegawai mendapatkan informasi – informasi transparan mengenai absensi, pengajuan surat dan hal penting lainnya. (Humas IAIN Bukittinggi)

Aksesibilitas